Dibalik Sebuah Bisnis, Ada Hal Yang Jarang Diperhatikan Orang

Berdasarkan hasil pengamatan selama ini, sistem pengelolaan usaha yang sudah masuk ke ranah digital itu relatif lebih mudah daripada usaha yang masih bersistem offline saja.

Butuh bukti?

Baiklah…

Coba kita bahas beberapa hal berikut.

1. CUSTOMER SERVICE

Bagi usaha yang baru mulai, tentu kecil kemungkinan sudah merekrut admin Customer Service (CS). Tugas utama CS setahuku adalah melayani calon konsumen dan pelanggan, menerima orderan dan memfollow-upnya, dst.

2. PEMASARAN

Tugas seorang pemasar tentu saja memberi tahu masyarakat umum bahwa ada produk dari merk ini yang memiliki spesifikasi seperti ini dan itu. Pemasaran tidak tertuju ke penjualan, namun condong ke ranah membangun antusiasme publik terhadap brand.

3. SALES

Tim sales atau penjualan bertugas meng-closingkan produk ke konsumen. Ujung tombak bisnis adalah penjualan. Betul? Tanpa ada penjualan dan profit, maka sebuah usaha sedang bergerak ke jalan rugi, kan?

4. BUSINESS STRATEGIST

Sebuah usaha membutuhkan pengatur strategi yang mampu bekerja memetakan medan pertempuran bisnis seperti apa, mampu mengamati trend terkini, mampu menganalisa data riset dan memprediksi kemungkinan apa yang terjadi berdasarkan data masa lampau dan data saat ini.

5. BUSINESS FOUNDER

Perintis usaha sekaligus pemilik usaha cenderung bekerja ekstra keras. Terutama di awal merintis usaha. Karakteristik seorang perintis usaha tentu dibutuhkan sosok pemimpin yang mengayomi, bersedia meredam ego, mau membimbing, bisa melahirkan generasi yang jauh lebih mumpuni daripada dirinya, serta memiliki sense of business yang baik.

Gambaran sosok dibalik sebuah usaha ada pada lima posisi di atas. Minimalnya ada 5 tipe pemeran utama tersebut. Semakin besar usaha, biasanya semakin kompleks peran yang muncul dan perlu dimunculkan. Ambil contoh Digital Start Up bernama Whats App yang saat ini sudah menguasai dunia melalui layanan gratisnya ke end user, namun karyawannya hanya di kisaran 57 orang saja. Hemat dari berbagai sisi, kan?

SINKRONISASI BISNIS

Baik…
Berikutnya, coba kita bahas mengenai awal mula sebuah rintisan usaha.

Sebutlah seorang remaja melihat peluang usaha di bidang mukena. Lebih spesifik mukena lukis.

Meskipun remaja tersebut ialah seorang lelaki dan masih berusia 19 tahun, namun kepekaan bisnisnya sudah mulai muncul.

Setiap hari ia mengamati trend terkini, melalui channel offline juga online. Ia tergolong generasi Z yang jauh dari istilah gaptek, namun ia dididik dalam keluarga sederhana yang religius dan beretika serta penuh kebahagiaan.

Remaja tersebut baru memiliki tabungan yang ala kadarnya khas anak muda, namun hasrat usahanya mulai muncul menggebu-gebu. Beragam data dari berbagai sumber sudah ia genggam. Posisi potensial yang basah dan gurih sudah ia petakan sedetail mungkin sesuai pengetahuannya saat itu. Prediksi trend yang akan laris manis beberapa waktu mendatang pun sudah ia buat.

Lelaki muda tadi sudah mengantongi hasil riset potensi usaha dan ia sudah memprediksi trend yang akan muncul. Kendala yang muncul ialah permodalan ketika ia berniat memproduksi mukena sendiri.

Mengatasi problematika tersebut, karena ia mau berpikir visioner dan tidak gaptek, lalu bertanyalah ia kepada Google. Ia mencari tahu, bagaimana memulai usaha tanpa modal dengan berbagai macam kata kunci.

Jutaan artikel hasil pencarian dengan kata kunci yang ia cari, segera disajikan oleh Google. Ia lahap berbagai artikel yang Google sajikan tersebut, terutama artikel yang muncul di halaman hasil pencarian Google. Ia kenyang informasi baru. Ia kenyang pengetahuan baru.

=====
Artikel ini sudah terlampau panjang, jadi bersambung di sini dulu, ya…

Ada rencana artikel selengkapnya akan saya lanjutkan di blog personal www.HakimJASA.net ini, dengan catatan jika muncul banyak permintaan untuk melanjutkan kisah ini. Jika tidak, ya kisah ini berakhir sampai di sini saja. Hehehee..

Namun, sebelum itu, coba tebak, apa yang berikutnya dilakukan si remaja tadi?

Lalu, apa pula kaitan kisah sang remaja dengan 5 gambaran umum sosok di belakang layar sebuah usaha tadi?

(^_^)

 

Salam hangat,

Muhammad Nurul Hakim
Penulis www.HakimJASA.net

Sumber foto: www.99.co

* * *

Langganan Artikel

Selain artikel, saya juga membagikan info mengenai edukasi bisnis, pengembangan diri dan penawaran menarik. Masukkan nama dan email Anda di sini.

Powered by Kirim.Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *